Friday 9 January 2009

Bus Perpustakaan Keliling Jarang Kunjungi Daerah Pesisir

 
Banyuwangi- Bus "Perpustakaan Keliling" milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur, belakangan ini, tidak secara rutin mendatangi daerah pesisir di kabupaten setempat karena sering mogok.

"Kami sudah mengusulkan bus itu diganti dengan armada yang baru, tetapi hingga sekarang belum ada realisasinya," kata Kepala Kantor Perpustakaan Banyuwangi, Indah Prahastuti di Banyuwangi, Jumat.

Tak pelak, masyarakat di pesisir belakangan ini kesulitan untuk membaca buku bermutu karena jarak dari kota (lokasi Perpustakaan Kabupaten Banyuwangi) relatif jauh, katanya.

Padahal, lanjut dia, minat baca masyarakat setempat pada tahun 2008 mulai tinggi. Terbukti, tingkat kunjungan di Perpustakaan Kabupaten Banyuwangi, rata-rata 200 orang per hari, atau naik sekitar 30 persen dari jumlah pengunjung pada tahun 2007.

Menurut Indah, para pengunjung berasal dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat. Mereka pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB berkunjung ke perpustakaan untuk membaca surat kabar. Bahkan, ada di antara mereka yang menyempatkan diri untuk membaca buku tentang tata cara merawat bunga.

Ia menyatakan, Perpustakaan Kabupaten Banyuwangi yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto ini memiliki sekitar 35.000 koleksi buku, di antaranya buku kesehatan, psikologi, komputer, manajemen, tanaman, dan kerajinan.

Hingga sekarang, kata dia, anggota aktif perpustakaan sekitar 3.000 orang. Mereka aktif meminjam buku-buku yang ada di perpustakaan itu.

Bagi warga yang ingin menjadi anggota perpustakaan, tinggal mengisi formulir dan menyerahkan pasfoto ukuran 3x4 sebanyak dua lembar. "Pembuatan kartu ini tidak dipungut biaya alias gratis," katanya.


Kholied Mawardi

No comments: