Thursday 25 December 2008

SD 3 TRI GONCO MEMPRIHATINKAN

Situbondo - Gedung Sekolah Dasar 3 Tri Gonco, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jatim, kondisinya memprihatinkan, karena empat ruang kelas dan rumah dinas di sekolah tersebut bangunannya mengenaskan.

"Kondisi terparah ruang kelas III yang plafonnya jebol. Agar tidak jatuh menimpa anak-anak, kami pasang bambu untuk menahan plafon," kata H. Suripto, SPd, guru senior setempat, Rabu.

Sekolah tersebut, jaraknya dari kota Kecamatan Asembagus sekitar enam kilometer dan dari pusat Kota Kabupaten sekitar 26 km.

Beberapa dinding mengelupas, sehingga batu bata bisa terlihat. Ruangan yang parah sebanyak empat unit, meliputi tiga ruang kelas dan ruang UKS. Selain itu, rumah dinas kondisinya rusak parah.

Jumlah siswa di SD tersebut 70 orang. Rata-rata setiap jenjang kelas hanya diisi belasan siswa.

Pihak sekolah sudah mengajukan dana renovasi untuk gedung sekolah pada Dinas Pendidikan Situbondo. "Kami telah dua kali mengajukan bantuan, yakni pada 2002 dan 2003. Namun, hingga kini belum ada kepastian kapan sekolah kami direnovasi," katanya mengeluh.

Seperti musim hujan sekarang ini, lanjut Suripto, pihaknya khawatir ada angin kencang yang bisa merobohkan bangunan gedung. "Apa jadinya saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, tiba-tiba atap roboh. Tentu akan ada korban dari para murid maupun guru," katanya.

Indrawati, guru di SD tersebut, merasa takut bila bangunan roboh. "Beberapa waktu lalu sempat terjadi gempa. Akhirnya Kegiatan belajar mengajar dipindah di luar ruangan. Orangtua banyak yang datang setelah ada gempa dan meminta pelajaran dilakukan di luar kelas," katanya mengungkapkan.

Sementara itu, Kabag Prasarana dan Sarana Dinas Pendidikan Situbondo, Dwi Totok mengatakan, sudah mendapat kabar tentang sekolah rusak di Asembagus itu.

"Saat ini tim survei datang ke lokasi sekolah yang rusak itu. Renovasi bangunan yang rusak akan segera dilakukan," katanya berjanji.


Kholied Mawardi

No comments: